LEGO Zone

LEGO ZONE adalah program terbaru ROBOTKIDZ yang akan tersedia awal tahun 2014. LEGO ZONE adalah area belajar menyenangkan bagi anak-anak dengan menggabungkan LEGO dan Multimedia.

Apakah Multimedia itu ?

Teknologi Multimedia saat ini sudah banyak digunakan dan akan terus berkembang di masa depan. Melalui pengalaman kami menjalankan DIGIKIDZ – Multimedia Computer Learning Center, dalam LEGO ZONE anak-anak selain bermain dengan LEGO mereka juga belajar menggunakan peralatan multimedia seperti Digital Camera, Digital Video, Handphone, Scanner dan Internet untuk menghasilkan berbagai project atau craft yang mendorong kreatifitas.

LEGO and Multimedia

20 - Keunikan NXT - R03

Anak-anak bermain kreatif dengan LEGO dan mengambil berbagai foto konstruksi LEGOnya dengan menggunakan Digital Camera dan berbagai video dengan menggunakan Digital Video untuk membuat berbagai projek seperti :

  1. Komik
  2. Poster
  3. Animasi
  4. Video Stop Motion

2. LEGO dan Language Art

There is always a Story and everybody likes a Story. Apalagi anak-anak, mereka selalu suka cerita. 

Namun saat ini di sekolah, anak-anak diajarkan membuat cerita dalam pelajaran Language atau Bahasa dengan bentuk pelajaran mengarang yang konvensional. Pasif, tidak ada alat bantu bagi anak selain kertas dan pen.

Kini dengan  menggunakan LEGO, membuat cerita atau pelajaran menulis jadi sangat berbeda bagi anak-anak. Keahlian menulis menjadi mudah dipelajari dengan LEGO.

Pertama set LEGO dibagikan dalam kelompok. Guru memberikan 1 topik cerita yang harus mereka buat hari itu misalnya “Save the Trees” dan mulailah mereka membuat konstruksi LEGO dalam urutan Awal, Tengah dan Akhir Cerita.

Melalui kerja sama kelompok, anak-anak juga berlatih Komunikasi dan Kerjasama dengan teman-temannya, mengembangkan pikiran mereka dalam diskusi dengan teman dan setelah set LEGO selesai mereka konstruksi, kini saatnya mereka siap untuk menulis cerita dari LEGO mereka.

Berbagai topik dapat dipakai dalam kelas ini seperti Green Living, Save the Planet, Magic At the Zoo ….

Dengan LEGO secara visual mereka sudah mereka-reka cerita dalam pikiran dan imaji mereka saat membuat konstruksi LEGO. Mengenal setting latar belakang, menetapkan karakter cerita serta rangkaian awal-tengah-akhir cerita. Dan saat mereka siap, kertas dan pen sudah menanti. Sebuah cerita sudah ada dalam imaji mereka. Tinggal dituangkan melalui tangan-tangan mereka !

Write Kids! Write More!